5 Perbedaan UBS Emas dan Antam Emas yang Perlu Diketahui

Tahukah Anda apa itu UBS Gold? Hingga saat ini, investasi emas menjadi prioritas utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. UBS Gold menjadi pilihan yang berbeda dengan Antam Gold.

Lalu apa perbedaan antara UBS Emas dan Antam Emas dan bagaimana cara mengetahui apakah UBS Emas asli atau palsu? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Produsen

UBS Gold adalah emas yang diproduksi oleh PT. Untung Bersama Sejahtera, juga merupakan perusahaan swasta penghasil emas. Perhiasan sejak tahun 1981 di kota Surabaya.

Selain itu, PT. UBS memiliki merek perhiasan lainnya yaitu Starshine dan Venus. Antam Gold merupakan emas yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk yang sebelumnya merupakan anak perusahaan BUMN yaitu PT Inalum sebagai holding member.

 

  1. Sertifikat

Sertifikat yang dikeluarkan oleh UBS Gold untuk ukuran emas terkecil di bawah 5 gram tersedia dalam bentuk kertas. Selain itu, ukuran emas dilaminasi menyerupai kartu SIM dengan pilihan tema karakter kartun yang keren.

Sedangkan sertifikat UBS Gold ukuran di atas 5 gram berupa plastik holografik dan tidak dicampur dengan emas. Sertifikat emas jenis UBS ini dapat dikeluarkan dari kemasannya untuk disimpan di tempat lain.

 

  1. Pembelian

Anda bisa membeli Antam Gold langsung dari Kantor Pusat Antam di Jakarta Selatan, Toko Emas dan Pegadaian. UBS Emas kini dijual di toko-toko khusus, dan UBS juga sering membuka lapak di pusat perbelanjaan.

Sama seperti Antam-Gold, Anda juga bisa membeli UBS-Gold melalui toko emas atau penyedia jasa pembelian emas seperti Pegadaian.

 

  1. Ukuran

Ukuran emas UBS tersedia dari ukuran 0,1 gram hingga 100 gram. Sedangkan Antam Emas memiliki ukuran yang lebih banyak mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2,5 gram, 5 gram hingga 1 kilogram yang lumayan.

 

  1. Dimensi

Dari segi dimensi ukuran, UBS Gold lebih besar dan tipis dibandingkan Antam Gold yang memiliki dimensi lebih kecil dan tebal. Namun kandungan emas keduanya tidak jauh berbeda, yakni sekitar 99,99 persen.

Meskipun ada perbedaan dimensi dan berat, keduanya sama saat ditimbang.

 

Tinggalkan Balasan