Indonesia Pertimbangkan Beri Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Ukraina

Indonesia mempertimbangkan secara positif memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina. Rencana ini dibahas Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat bertemu dengan Wakil Menlu Ukraina, Emine Dzhaparova, di Doha, Qatar. Retno mengatakan fokus bahasan dengan Wakil Menlu Emine lebih kepada situasi kemanusiaan di Ukraina yang memang sangat mengkhawatirkan.

"Jika perang terus berlanjut, sudah dapat dipastikan situasi kemanusiaan akan semakin memburuk," kata Retno Marsudi pada konferensi pers virtual hari Senin (28/3/2022). "Mempertimbangkan adanya kondisi kemanusiaan yang mendesak, Indonesia akan mempertimbangkan secara positif untuk memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina," lanjutnya. Menlu mengatakan isu Ukraina menjadi salah satu isu yang menonjol dibahas dalam pertemuan dirinya dengan sejumlah Menlu dan berbagai pihak dari negara lain.

Indonesia juga melakukan konsultasi mengenai persiapan KTT G20 dengan beberapa negara anggota G20 yang hadir dalam Doha Forum, diantaranya dengan Uni Eropa, Menlu Arab Saudi; dan Menlu Meksiko. "Sebagaimana teman teman ketahui, bahwa Indonesia sebagai presiden G20 terus melakukan konsultasi dengan semua negara anggota G20," "Konsultasi ini tidak saja dilakukan pada tingkat Presiden namun juga Menlu, Menkeu dan sampai level Sherpa dan deputi,"

"Semua orang paham bahwa situasi di Ukraina membawa dampak yang sangat besar bagi semua negara, bagi semua kegiatan yang dilakukan semua negara dunia, termasuk G20. Oleh karena itu, Presidensi G20, terus melakukan konsultasi, mendengarkan semua pandangan dan saran," ujarnya.

Tinggalkan Balasan